Pricilla Dewi Nakita

Blog Murid Belajar dan Murid Berprestasi

Tipuan Jambu Monyet

Leave a comment


Monyet Bergantung

Jambu monyet dikenal juga dengan sebutan jambu mede atau jambu mete. Bahasa latinnya Anacardium occidentale. Meskipun namanya jambu, si jambu monyet ini malah bukan keluarga jambu. Meskipun ada mete-nya, juga bukan termasuk dalam keluarga siapakah dia?Di blog murid Jangan kaget,kalau jambu mete masuk dalam keluarga mangga!

Coba perhatikan buah ini baik-baik.Di bagian bawah ada jauh, mete ini terlihat seperti monyet yang bergantung. Makanya,banyak orang menyebutnya jambu monyet.

anacardium-accidentale-2

Buah Semu

Jangan tertipu dengan si jambu monyet. Bagi yang belum tahu, pasti mengira bagian yang mengelembung berwarna merah, oranye atau kuning adalah daging buahnya. Padahal itu buah semu, yang sebenarnya dasar bunga yang mengembang setelah terjadi pembuahan. Buah sesungguhnya adalah mete-nya. Warnanya coklat kehitaman, berisi biji yang bisa diolah menjadi makanan.

Setelah diolah dan digoreng, mete bisa dimakan langsung atau dicampur dalam cokelat dan kue-kue. Selain mete yang dijadikan makanan, buah semuanya juga bisa dinikmati. Bahkan daun-daun mudanya bisa dimakan sebagai lalap. Buah semu bisa dimakan langsung dengan garam dan cabai. Rasanya campur-campur, antara manis , asam dan sepat. Buah ini mengandung vitamin C, empat kali lebih banyak dari pada jeruk. Namun kalau terlalu banyak, getah dan rasanya sepatnya bisa membuat lidah dan tenggorokan terasa kering dan gatal.

anacardium-accidentale-1

  • sumber: bobo

Artikel terkait:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s