Pricilla Dewi Nakita

Blog Murid Belajar dan Murid Berprestasi

Getaran Serangga

Leave a comment


Kali ini blog murid akan membahas Hexbug Nano bergerak lincah kesana kemari. Ia adalah mainan robot serangga. Perilakunya seperti serangga sungguhan. Lalu apa bedanya dengan serangga sungguhan

Prinsip Getar untuk Bergerak
Mini robot Hexbug Nano memiliki enam pasang kaki. Ia juga bisa itu karena ia memiliki motor yang berputar di dalam tubuhnya. Motor ini menciptakan getaran naik turun. Getaran turun menyebabkan kaki-kaki mungil serangga robot ini menekuk. Sedangkan getaran naik, mendorongnya melompat ke depan sehingga ia bergerak maju. Desain tubuh mini robot serangga ini dibuat unik. Kakinya yang agak miring, semakin membantunya bergerak ke depan.

Gerakan Tubuh untuk Komunikasi

Dalam kehidupan nyata, serangga sungguhan pun bergetar. Tetapi bukan untuk bergerak. Melainkan untuk berkomunikasi.

Sekitar 200.000 jenis serangga bergetar untuk berkomunikasi. Getaran serangga berasal dari berbagai macam gerakan tubuhnya. Dalam blog murid berprestasi  ini disebutkan beberapa gerakan. Gerakan perkusi adalah gerakan tubuh serangga untuk menggetarkan tanah, tumbuhan atau permukaan air tempat ia berada. Gerakan timbal adalah gerakan yang berasal selaput perut serangga. Gerakan stridulasi adalah gerakan yang dihasilkan dari menggosokkan  beberapa bagian tubuhnya bersamaan.

serangga-3Umbonia crassicornis

Sinyal Bahaya

Komunikasi getaran serangga bermacam-macam tujuannya. Salah satunya, untuk menciptakan sinyal bahaya. Contohnya sinyal bahaya dari serangga thorn bug atau Umbonia crassicornis. Serangga ini berkumpul bersama saudara-saudaranya di ranting pohon untuk mengisap getah. Ketika ada pemangsa datang, thornbug segera mengirim sinyal bahaya pada saudara-saudaranya. Caranya, ia menggetarkan tubuhnya untuk menggetarkan ranting pohon. Getaran itu diterima saudara-saudaranya melalui sensor penerima getaran di kaki-kaki mereka.

nezara-viridulaNezara viridula

Komunikasi yang lain

Selain sinyal bahaya, serangga berkomunikasi lewat getaran juga untuk berbagai tujuan lain.di antaranya serangga nezara viridula bergetar untuk menarik perhatian pasangannya semut pemotong daun, Atta colombica,mengirim sinya getaran untuk memberitahu kawanannya saat menemukan daun yang bagus. Sementara ngengat sutra Drepana arcuata menggetarkan rahang bawahnya pada daun untuk melindungi sarang sutranya. Penulis blog murid baru tahu kehebatan serangga, hanya dengan bergetar teman-temannya langsung tahu, pesan apa yang disampaikannya

Atta-colombicaAtta colombica

sumber: bobo

Artikel terkait:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s