Pricilla Dewi Nakita

Blog Murid Belajar dan Murid Berprestasi

Stop Pilih-pilih Makanan !

3 Comments


Gizi Seimbang

Kalau kita makan dan pilih-pilih, tubuh kita tidak bisa mendapatkan gizi seimbang. Gizi seimbang artinya, jenis dan jumbah zat-zat gizi dalam makanan kita sehari-hari, sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Zat-zat gizi itu,yaitu karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, dan air.

Berbeda pada Setiap Orang

gizi-cukupGizi seimbang pada setiap orang, berdeda-beda. tergantung dari usia, keadaan fisik, dan aktivitasnya. Misalnya, kebutuhan gizi pada anak seusia kita, berbeda dengan kebutuhan gizi pada mama kita yang sedang mengandung. Contoh lain, kebutuhan gizi seseorang yang sedang sakit, berbeda dengan orang lain yang sehat.

Makanan Tidak Itu-itu Saja

pilih-makananUntuk mendapatkan gizi seimbang, kita tidak bisa hanya makan 1 jenis makanan. Kenapa? Soalnya, setiap jenis makanan hanya mengandung zat-zat gizi tertentu. Jadi, kalau cuma makan makanan yang itu-itu saja, gizi dalam tubuh kita tidak seimbang.

Makanya, kita perlu makan makanan yang beragam dan bervariasi. Kalau makanannya beragam, zat gizinya pun beragam. Gizi dalam tubuh kita jadi seimbang. Biasakan tidak pilih-pilh makanan yang itu-itu saja. Lahap semua makanan sehat yang telah disiapkan mama !

Kekurangan dan Kelebihan Gizi

Kekurangan-giziKalau gizi tidak seimbang, bisa terjadi kekurangan gizi dan kelebihan gizi. Kekurangan gizi, mengakibatkan pertumbuhan tubuh kita jadi lambat, mudah sakit, tidak semangat beraktivitas dan lainnya.

Sementara kelebihan gizi ditandai dengan kelebihan berat badan atau kegemukan. Akibatnya bisa timbul macam-macam penyakit. Karena itu, sebaiknya kurangi makanan manis dan berlemak. Lalu jangan lupa berolah raga atau bermain diluar rumah.

Gizi seimbang harus didukung dengan kebersihan, di antaranya, cuci tangan sebelum memasak makanan dengan bersih, dan menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar kita.

sumber: bobo

Artikel terkait:

Advertisements

3 thoughts on “Stop Pilih-pilih Makanan !

  1. Pingback: Buah : Pahlawan Bagi iGeneration | Pricilla Dewi Nakita

  2. Pingback: Tipuan Jambu Monyet | Pricilla Dewi Nakita

  3. Pingback: Berolahraga dan Sarapan Nasi Goreng | Pricilla Dewi Nakita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s