Pricilla Dewi Nakita

Blog Murid Belajar dan Murid Berprestasi

Pitohui Si Merdu Yang Mematikan

3 Comments


Sebutkan hewan yang beracun ! Jawaban kita pasti ular. Mungkin ada juga yang menjawab katak dan kadal. Tetapi, adakah yang menjawab burung ? Hebat kalau ada. Soalnya baru satu jenis burung beracun yang ditemukan di dunia. Dialah pitohui

Pitohui

  • Burung Sampah

Burung pitohui tinggal di Papua Nugini. Warna bulunya cerah dan nyanyiannya amat merdu. Tetapi penduduk setempat menjuluki burung itu burung sampah. Ya, karena mereka tidak bisa memakan burung pitohui, karena burung tersebut beracun

  • Racun dari Makannya

Berbeda dengan ular, katak, atau hewan beracun lainnya, tubuh burung pitohui tidak memproduksi racun. Yang menyebabkan burung pitohui beracun adalah makannya. Makanan burung pitohui adalah kumbang choeresine. Kebetulan kumbang ini beracun. Racunnya sama dengan racun yang ditemukan pada kodok beracun Kolombia.

Bagian burung pitohui yang beracun adalah kulit dan bulunya. Karena itu, baru kita pegang saja, kitasudah bisa merasakan racunnya. Racun itu akan menyebabkan gatal-gatal dan rasa panasnya. Bahakan jika kena racun pitohui dalam jumlah besar, kita bisa lumpuh dan terkena serangan jantung.

Lucunya karena racunnya bukan berasal dari tubuhnya sendiri, tingkat racun pada burung pitohui berbeda-beda. Ada burung yang saat kita dekati saja, sudah membuat kita bersin-bersin dan gatal-gatal. Ada pula burung yang baru bisa menyebabkan keracuanan setelah menyentuh atau mencakar manusia.

  • Terus diteliti

Sampai sekarang, para ilmuwan masih terus menerus meneliti burung ini. Ssoalnya selama ini, baru pitohui-lah burung yang ditemukan memilki kandungan racun. Mr.Dambacher yang menemukannya pad tahun 1989 secara tidak sengaja.

Awalnya, Mr.Dambacher sedang meneliti burung surga, si cendrawasih. Tidak sengaja burung pitohui ikut masuk ke dalam jaringnya. Saat itu memegang untuk melepaskan pitohui, tangannya jadi gatal-gatal. Begitu pula tangan para asisten penelitinya.

sumber: bobo

Artikel terkait:

Advertisements

3 thoughts on “Pitohui Si Merdu Yang Mematikan

  1. Pingback: Seribu Mata Burung Ruai | Pricilla Dewi Nakita

  2. Pingback: Kuskus Beruang Dan Kantung Ajaibnya | Pricilla Dewi Nakita

  3. Pingback: Racun Siput Kerucut | Pricilla Dewi Nakita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s